IKLAN 2

Sunday, January 17, 2016

Pengertian Sistem pemindah tenaga




1.    Kopling                  : Menghubungkan dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
2.    Transmisi           : Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel       sehingga menghasilkan momen putar yang diinginkan
3.    Poros penggerak : Meneruskan putaran / tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi.
4.    Penggerak aksel  : - Penggerak sudut : Untuk memindahkan arah putaran poros                                                    penggerak kearah poros aksel.
                                      : - Differensial            : Untuk menyeimbangkan putaran kedua                                                          roda saat belok.
5.    Poros aksel          : Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda.

. Penggerak roda belakang
-        Motor di depan






        Keuntungan :                                                   Kerugian :

- Kenyamanan pada jalan-                            - Pada jalan lumpur roda penggerak
aspal baik.                                                         Cepat selip jika tidak cukup beban
                                                                            di aksel belakang.

- Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( konstruksi standart )

- Motor di belakang



  Keuntungan :                                                   Kerugian :
- Pada jalan lumpur traksi                             - Kenyamanan kurang pada jalan
baik.                                                                   Aspal jika tidak cukup beban pada
                                                                            aksel depan.
- Contoh pemakaian : VW ,Bus Mercy

2. Penggerak roda depan :
- Motor melintang








Keuntungan :                                                            Kerugian :
- Keamanan tinggi jika roda penggerak               - Traksi jelek jika terdapat banyak
slip mobil masih stabil.                                            Beban  pada aksel belakang.
- Traksi baik, jika tidak terdapat banyak beban.
- Contoh pemakaian : Konstruksi lama misalnya : Renault.

- Motor Melintang







Keuntungan :                                                                 Kerugian :
- Menghemat tempat                                                    - Traksi jelek jika terdapat
- Penggerak sudut tidak diperlukan ( arah                     banyak beban pada aksel
putaran motor sama arah putaran aksel )                  belakang.
dan tidak memakai poros propeler.
Contoh pemakaian : Pada kebanyakan mobil sedang.

3. Penggerak empat roda






Keuntungan :                                                       Kerugian :
- Traksi sangat baik                                             - Harga mahal dan berat

Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a.    Penggerak empat roda selektif                    b. Penggerak empat roda permanen
- Dapat menggunakan aksel                           - Memerlukan penyeimbang
belakang pada jalan baik.                                Antara kedua poros roda
- Aksel depan dapat dihubungkan pada            penggerak
saat jalan jelek.                                              - Lebih mahal.

- Contoh pemakaian : Jeep, kendaraan lapangan, kendaaraan militer,
Misal : Toyota Land Cruiser, Taft.
 

















No comments:

Post a Comment