No. |
GEJALA |
KEMUNGKINAN PENYEBAB |
CARA MENGATASI |
1 |
Mesin tidak dapat hidup (tidak ada percikan api di busi) |
Busi mati atau deposit berlebihan. |
Ganti busi atau bersihkan. |
Kabel tegangan tinggi bocor berlebihan. |
Ganti kabel tegangan tinggi. |
Rotor tidak terpasang. |
Pasang rotor. |
Urutan pengapian tidak benar. |
Perbaiki urutan pengapian. |
Platina terganjal kotoran |
Bersihkan kotorannya. |
Platina menutup terus atau membuka terus. |
Setel celah platina atau sudut dwell |
Koil mati |
Ganti koil |
Kondensor mati |
Ganti kondensator |
Konektor kabel lepas |
Pasang konektor kabel yang lepas |
Kabel putus |
Ganti atau perbaiki kabel yang putus |
Kontak rusak |
Ganti kontak |
2 |
Mesin sulit hidup (percikan api dibusi kecil) |
Deposit (penumpukan kerak) dibusi berlebihan. |
Bersihkan atau ganti busi. |
Kabel tegangan tinggi bocor. |
Ganti kabel tegangan tinggi. |
Tutup distributor kotor. |
Bersihkan terminal ditutup distributor. |
Karbon ditutup distributor hilang. |
Pasang karbon atau ganti tutup distributor. |
Tutup distributor retak. |
Ganti tutup distributor. |
Urutan pengapian tidak benar. |
Perbaiki urutan pengapian. |
Kontak platina kotor. |
Bersihkan kontak atau ganti. |
Setelan celah platina tidak tepat. |
Setel celah platina atau sudut dwell. |
Saat pengapian tidak tepat. |
Saat setel pengapian |
Koil rusak. |
Ganti koil. |
Kondensor rusak. |
Ganti kondensor. |
Konektor kabel kotor. |
Bersihkan terminal konektor kabel. |
3 |
Terjadi ledakan di knalpot |
Busi kotor. |
Bersihkan busi atau ganti busi |
Platina kotor. |
Bersihkan platina atau ganti. |
Saat pengapian terlalu mundur. |
Stel saat pengapian. |
No comments:
Post a Comment