| No. |
GEJALA |
KEMUNGKINAN PENYEBAB |
CARA MENGATASI |
| 1 |
Mesin tidak dapat hidup (tidak ada percikan api di busi) |
Busi mati atau deposit berlebihan. |
Ganti busi atau bersihkan. |
| Kabel tegangan tinggi bocor berlebihan. |
Ganti kabel tegangan tinggi. |
| Rotor tidak terpasang. |
Pasang rotor. |
| Urutan pengapian tidak benar. |
Perbaiki urutan pengapian. |
| Platina terganjal kotoran |
Bersihkan kotorannya. |
| Platina menutup terus atau membuka terus. |
Setel celah platina atau sudut dwell |
| Koil mati |
Ganti koil |
| Kondensor mati |
Ganti kondensator |
| Konektor kabel lepas |
Pasang konektor kabel yang lepas |
| Kabel putus |
Ganti atau perbaiki kabel yang putus |
| Kontak rusak |
Ganti kontak |
| 2 |
Mesin sulit hidup (percikan api dibusi kecil) |
Deposit (penumpukan kerak) dibusi berlebihan. |
Bersihkan atau ganti busi. |
| Kabel tegangan tinggi bocor. |
Ganti kabel tegangan tinggi. |
| Tutup distributor kotor. |
Bersihkan terminal ditutup distributor. |
| Karbon ditutup distributor hilang. |
Pasang karbon atau ganti tutup distributor. |
| Tutup distributor retak. |
Ganti tutup distributor. |
| Urutan pengapian tidak benar. |
Perbaiki urutan pengapian. |
| Kontak platina kotor. |
Bersihkan kontak atau ganti. |
| Setelan celah platina tidak tepat. |
Setel celah platina atau sudut dwell. |
| Saat pengapian tidak tepat. |
Saat setel pengapian |
| Koil rusak. |
Ganti koil. |
| Kondensor rusak. |
Ganti kondensor. |
| Konektor kabel kotor. |
Bersihkan terminal konektor kabel. |
| 3 |
Terjadi ledakan di knalpot |
Busi kotor. |
Bersihkan busi atau ganti busi |
| Platina kotor. |
Bersihkan platina atau ganti. |
| Saat pengapian terlalu mundur. |
Stel saat pengapian. |
No comments:
Post a Comment